TEHNIK OTOMOTIF

Selamat Datang Di Kegiatan Tehnik Sebagai Suport Operasinal Pekebunan Kelapa Sawit

Selasa, 08 Januari 2013

Toyota Dyna



1.       Merk                                     : Toyota Dyna
Type                                      : 125 HT
Tahun  Pengeluaran                : 2002,2003
Jenis Bak                               : Besi, karoseri, Hecules,Dragon,Akai, dl
Pompa Hidrolik                      : Kp 35, Kp 75
Ukuran Bak                           :
Berat Kosong Rata-rata         :
Kapasitas Angkut                   : 5,5 s/ 6,5 Ton Max
Konsomsi BBM                    : 2.8 s/d  3,5 km/ ltr
Normal operasional               : 36.000 / tahun
Jumlah Ban                           : 6 Pcs Ukuran 16 x 750
Sistem Spedometer               : Manual


Berdasarkan Pengalaman saya selama kurang lebih 9 tahun menggunakan produk ini, baik di PT. Panca Surya Agrindo, kebun Tambusai Timur, PT. Subur Arum Makmur I, kebun, Senamanenek, PT. Surya Intisari Raya,kebun Sei-Lukut, yang masih satu Group.
Saya sampaikan kelebihan dan kekurangnya.


Kelebihannya 

  1. Harga beli lebih murah
  2. Kuat,Kokoh
  3. Bagaian Bawah ( under Crierd ) kuat
  4. Per ( Spreng ) baik depan maupun belakang awet, tahan lama
  5. Transmisi, Gerdang ( Defrencial ), awet, tahan lama
  6. Kapasitas angkut lebih banyak, dibanding FE 334, yaitu 5,5 s/d 6,5 rata - rata
  7. Cocok untuk medan datar, sedikit menanjak
  8. Spart part, tidak banyak yang Aspal
  9. Enggine jika di rawat dengan benar, bisa awet , dan tahan lama ( terbukti di PT Surya Intisari Raya. kebun Sei-lukut 6 tahun, Belum pernah Bongkar mesin /Overhaule, perbaikan transmisi, maupun Gerdang )
  10. Chasis tahan lama ( tidak mudah kropos )
  11. Dan masih banyak lagi

Kekurangan atau Kelemahan

  1. Jika Perawatan Kurang Mesin atau enggine pada rata - rata Km 36.000 (  1 tahun ), harus diadakan General Overhaule, berrdasarkan pengalaman.
  2. Spart part minta Ampun harganya
  3. Komsumsi BBM, lebih boros di banding Mitsubishi ( kurang lebih 2,8 s/d 3,5 km/ltr
  4. Gonjangan kuat
  5. Biaya overhaule mahal
  6. Bila dipersikan di daerah banjir, rem kurang baik, dan mudah rusak pada keret rem dan piston rem
  7. Jika salah pengerjaan overhaule, Enggine mudah rusak ( rata - rata 3 bulan pakai, setelah overhaule )
  8. Spedo meter tidak hidup saat kendaraanberjalan mundur.
  9. Menginjak usia ke 5 tahun, biaya perawatan akan lebih besar, melebihi anggaran.

Modifikaasi yang bisa dilakukan untuk jenis Kendaraan ini


Ada beberapa tip modifikasi yang bisa di lakukan, agar kendaraan awet, tahan lama.
  1. Tidak banyak , karena produk ini sudah baik.
  2. Altenator bisa diganti dengan kepunyaan Mitsubishi, yang lebih murah

Saran jika menggunakan kendaraan jenis ini


Untuk menghemat Biaya, memperpanjang umur,menekan cost, menekan angka kerusakan kendaraan, ada beberapa saran yang bisa di pertimbangkan, diantaranya :
  1. Bersihkan Filter udara kurang lebih 2 hari sekali, dengan memyemprot angin menggunakan kopresor. Dan jangan lupa sekaligus dengan covernya.
  2. Lakuan Sevice rutin berkala dengan benar.
  3. Gunakan Spart part yang Geniune.
  4. Lakukan pencucian kendaran bila selesai operasi, terutama pada bagian seal Roda,dan tromol, serta casis.
  5. Cuci bak dengan detergen, setelah angkut Pupuk.
  6. Bila di operasikan untuk daerah banjir, atau rawa, selalu cuci bagian tromol, dengan detergen setelah selasai di opersikan.
  7. Gantia Air Radiator min satu minggu sekali, dengan air bersih.
  8. Lakukan Penggemuan min 2 kali 1 bulan.
  9. Lakukan pemanasan, pada pagi hari sebelum di opersikan min, 20 menit.
  10. Khusus untuk sopir,jangan injak gas kuat- kuat saat menaikan damp, pada posisi muatan.
  11. Jangan matikan mesin mendadak.
  12. Kusus untuk sopir, gunakan jembrit, saat jalan menurun, pada posisi muatan.
  13. Jangan modifikasi pada saluran gas buang ( kenalpot ), biarkan gas buang bebas, tanpa terhalang.
  14. Jangan memutar Stiuer, pada posisi kendaraan berhenti, jika ingin memutar kendaraan, gerakan kendaraan maju dan dan mundur.
  15. Jika melakukan General Overhaule, gunakan piston, ring piston,dan liner, paking cilinder head Geniune, ganti semua baut deksel,atau semua spart part harus geniune.
  16. Tandai letak liner, karena , ada yang berkode A, A, B, B, atau A,B, A,B, pemasangan harus cermat.
  17. Karena sehabis ganti cladisk, coverdisk, sistem close akan hilang, atau los, maka pada saat pemasangan kembali, buka katup nepel, cetral klose bawah hingga minyak rem mangalir sendiri, jangan injak klos. Dan kalau belum bisa biarkan sampai 1 harian, dan tampung minyak yang keluar. 
  18. Cek kendaraan sebelum beroperasi

28 komentar:

  1. Saya baru coba2 dyna 125ht 2004 mesin gmpang panas, air mendidih smpe ke infusanya. Radiator sdh dibersihkan. Water pump baru gnti. Mesin baru turun servis total. Mohon petunjuknya bos

    BalasHapus
  2. Punya saya juga sama om tp ketika berhenti mesin digas tinggi jarum panas keliatan turunya

    BalasHapus
  3. Om gimana cara menambah tenaga dyna 115 et untuk di tanjakan sering lemah..mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo buat et115 ganti gardan pakai dyna bangkong

      Hapus
  4. Apa perbedaan 125ht dengan 125lt
    Mana lebih tangguh untuk muatan berat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih kuat 125 ht bang... Lt gardan nya lebih kecil

      Hapus
  5. Kalo pengalaman saya gigi manggis yang di gardan gigi surinya terlalu halus, dan sering habis. Tapi untuk tenaga emang gak lawan

    BalasHapus
  6. ukuran gardan dyna et 2005 brpa y

    BalasHapus
  7. om apa penyebab dyna th 2000 kl rpm tinggi mbrebet trs asap jd putih

    BalasHapus
  8. om apa penyebab dyna th 2000 kl rpm tinggi mbrebet trs asap jd putih

    BalasHapus
  9. Ass.. om
    Kalau suara mesin keluar di knalpot, kira kira apanya yang kalah,,
    Dyna HT 125 ...?

    BalasHapus
  10. Mobil dyna saya 115et , gimana cara biar ban belakang gak dempet , di ganti velg apa

    BalasHapus
  11. Om apa penyebab mobil dina 125lt mesin kalau muatan sangat panas,kalau kosong gak

    BalasHapus
  12. Bisakah Dyna 115ET diganti mesin 130 HT

    BalasHapus
  13. Bisakah pintu Dyna Rhino 125ht diganti sama dyn 115et

    BalasHapus
  14. Apa berbedaan line A dan line B pada mobil Dyna 130 ht

    BalasHapus
  15. Cara bedain HT LT dan ET gimana ya gan ???

    BalasHapus
  16. Nanya om poring 14 b diganti dg 125 lt bisa gk

    BalasHapus
  17. saya mau beli dyna 2004 125 ht..
    pasaran harga brp y om

    BalasHapus