Menggunakan kendaraan Damp Truck Mitsubishi FE 334
1.
Merk : Mitsubishi
Type :
FE 334 ( 100 PS )
Tahun Pengeluaran : 2002,2003
Jenis Bak : Besi, karoseri, Hecules,Dragon, dl
Pompa Hidrolik : Kp
25, Kp 35
Ukuran Bak :
Berat Kosong Rata-rata :
Kapasitas Angkut : 5 s/
6 Ton Max
Konsomsi BBM : 3
s/d 4 km/ ltr
Normal operasional : 36.000
/ tahun
Jumlah Ban :
6 Pcs Ukuran 16 x 700
Sistem Spedometer : Manual
Sistem Spedometer : Manual
Berdasarkan Pengalaman saya selama kurang lebih 9 tahun menggunakan produk ini, baik di PT. Panca Surya Agrindo, kebun Tambusai Timur, PT. Subur Arum Makmur I, kebun, Senamanenek, PT. Surya Intisari Raya,kebun Sei-Lukut, yang masih satu Group.
Saya sampaikan kelebihan dan kekurangnya.
Saya sampaikan kelebihan dan kekurangnya.
Kelebihannya
- Harga beli lebih murah
- Lincah
- Harga Spart part relatif murah murah
- Spart Part banyak persamaan dengan pendahulunya
- Mudah Bongkar Enggenie ( Overhaul )
- Murah biaya Overhaule
- Mudah untuk Perbaikan
- Dengan menggunakan ban 16 x 700, harga lebih murah
- Jika dipergunakan untuk pengangkutan di bawah 5 secara contineu, atau rata, kendaraan tidak mudah rusak.
- Dan masih banyak lagi
Kekurangan atau Kelemahan
- Jika Perawatan Kurang Mesin atau enggine pada rata - rata Km 36.000 ( 1 tahun ), harus diadakan General Overhaule, berrdasarkan pengalaman.
- Tidak bisa di gunakan untuk pengangkutan lebih, dari 5 ton rata, karena komponen, seperti , Transmisi, Difrensial ( Gerdang ). per (spreng ), velk, dll, akan cepat rusak.
- Dalam 1 tahun setelah tahun kedua ( umur 2 tahun ) rata-rata, enggine 1 kali General Overhaule, Transmisi 1 kali Bongkar, Gerdang 2 kali bongkar.
- Setelah umur 3 tahun ( memasuki tahun ke Empat ), Per akan sering putus, gerdang, transmisi, pompa damp, jack damp,velk, akan cepat rusak.
- Menginjak usia ke 5 tahun, biaya perawatan akan lebih besar, melebihi anggaran.
Modifikaasi yang bisa dilakukan untuk jenis Kendaraan ini
Ada beberapa tip modifikasi yang bisa di lakukan, agar kendaraan awet, tahan lama.
- Buat derjak atau pengaman, pada Pet ( kepala bagian depan bak Damp ), agar tukang muat tidak naik diatas Pet menginjak kamin, karena akibatnya jika tukang muat naik diatas pet menginjak kabin, kabin akan cepat pecah, kropos, dan rusak.
- Buat safety pada bagian bawah radiator atau Enggine, menggunakan plat besi, min ketebalan 3 mm.
- Tambah Per belakan, masing masing 2 lembar kiri kanan, dan 1 lembar per depan kiri kanan
- Gunakan Gerdang dengan jenis silang empat, atau gunakan gerdang Exc Singapur.
- Ganti Ponpa Damp, ukuran min Kp35
- Ganti Rama - rama dengan kepunyaan Dyna 125 HT
- Buat Safety Bateray,( aman dalam benturan, gesekan, dan pencurian )
- Lapisi klem tangki solar dengan karet.
Saran jika menggunakan kendaraan jenis ini
Untuk menghemat Biaya, memperpanjang umur,menekan cost, menekan angka kerusakan kendaraan, ada beberapa saran yang bisa di pertimbangkan, diantaranya :
- Bersihkan Filter udara kurang lebih 2 hari sekali, dengan memyemprot angin menggunakan kopresor. Dan jangan lupa sekaligus dengan covernya.
- Lakuan Sevice rutin berkala dengan benar.
- Khusus untuk produk ini batasi muatan dengan batasan Max 4 s/d 5 ton
- Gunakan Spart part yang Geniune, karena banyak produk yang Aspal,. minimal Produok spart part KTB No 1
- Lakukan pencucian kendaran bila selesai operasi, terutama pada bagian seal Roda,dan tromol, serta casis.
- Cuci bak dengan detergen, setelah angkut Pupuk.
- Bila di operasikan untuk daerah banjir, atau rawa, selalu cuci bagian tromol, dengan detergen setelah selasai di opersikan.
- Gantia Air Radiator min satu minggu sekali, dengan air bersih.
- Lakukan Penggemuan min 2 kali 1 bulan.
- Lakukan pemanasan, pada pagi hari sebelum di opersikan min, 15 menit.
- Khusus untuk sopir,jangan injak gas kuat- kuat saat menaikan damp, pada posisi muatan.
- Jangan matikan mesin mendadak.
- Kususu untuk sopir, gunakan jembrit, saat jalan menurun, denganposisi muatan.
- Jangan modifikasi pada saluran gas buang ( kenalpot ), biarkan gas buang bebas, tanpa terhalang.
- Jangan memutar Stiuer, pada posisi kendaraan berhenti, jika ingin memutar kendaraan, gerakan kendaraan maju dan dan mundur.
- Cek kendaraan sebelum beroperasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar